Elfira Hotmulani S.i.Kom.M.M Kadis Pariwisata Kab.Nias Barat Siapkan Tujuh Proposal Destinasi Pariwisata

Nias Barat. NAK – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Barat  Elfira Hotmulani S.i.Kom,MM, telah mempersiapkan 7 Profasal pada destinasi pariwisata yang di sampaikan melalui Kemendes dan Kemenpar.

Hal itu dikatakan Elfira Hotmulani S.i.Kom,MM kepada wartawan usai launching destinasi wisata Desa Hilisoromi, Kecamatan Moro’o, Kabupaten Nias Barat, yang berlangsung di Pantai Indah Gawu Balohili Jumat 16/4/2021.

Bacaan Lainnya

Elfira Hotmulani S.i.Kom,MM Menyampaikan Penanganan Pariwisata Di Kabupaten Nias Barat dan penetapan desa wisata ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan dalam pengembangan pariwisata,juga selaras dengan program dari Kemenpar dan kemendes menargetkan 244 desa wisata mandiri di seluruh indonesia.

Kadis Elfira,Desa wisata juga menjadi program prioritas pemerintah pusat dalam percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pasca covid 19 ujarnya.

Kadis melalui launching ini telah di tetapkan sebuah desa menjadi desa wisata dan kita harapkan akan terciptanya sinergitas pengembangan keperiwisatan khususnya Di kabupaten Nias Barat.

Menurutnya Bupati Faduhusi Daely S.Pd.MA.MM telah melaunching yaitu Destinasi Pariwisata Kamadu di Desa Tetehosi Sirombu, Destinasi Pariwisata Hiligolgata air terjun di Desa Sisobaoho Mandrehe Barat, Destinasi pariwisata puncak harmoni somomo di Desa Lologolu Kecamatan Mandrehe dan terakhir Pantai Indah gawu Balohili di Desa Hilisoromi Kecamata Moro’ö .

Kadis juga menghimbau masyarakat dalam pengelolaan destinasi wisata di desa wisata diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa secara langsung, membuka lapangan kerja dan industri ekonomi kreatif dengan tetap mengusung kearifan lokal yg menjadi penarik utama Desa selain dari potensi alamnya,,sebab itu peran serta masyarakat menjadi kunci utama keberhasilan Desa wisata karena pengelolanya langsung masyarakat, melalui bumdes dan pok Darwis setelah ter bentuk kelompok Sadar Desa Wisata.

Kadis Elfira Hotmulani S.I.Kom,MM juga sampaikan tentang Pembiayaan,Pembukaan lahan,Hibah Tanah dan Pembentuk Kelompok Itu swadaya masyarakat dan gotong royong antara Dinas Pariwisata dan kecamatan desa setempat.

Elfira Hotmulani S.I.Kom,MM mengharapkan juga kepada mitra kami untuk membantu kami tuk mempromosikan/mengespos di skala Nasional Destinasi pariwisata kabupaten Nias Barat melalui saluran media cetak juga media online supaya terwujudnya Nias Barat Yang Unggul,mari kita sukseskan bersama sama untuk mencapai tujuan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sabar.

Pos terkait