Polres Lingga Gelar Binlat Pada Calon Peserta Penerimaan Anggota Polri 2021

Lingga. NAK – Ciptakan Calon Anggota Polri yang unggul, Polres Lingga Adakan pembinaan dan pelatihan (Binlat) calon peserta penerimaan anggota Polri TA. 2021.

Kapolres Lingga AKBP Arief Robby Rachman melalui Kabag Sumda Polres Lingga Kompol Hadi Sucipto mengatakan, pada pelaksanaan Binlat penerimaan calon anggota Polri tahun 2021 di Kabupaten Lingga mendapat sambutan antusias yang sangat luar biasa, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk mengikuti Binlat tersebut.

Bacaan Lainnya

“Animo putra putri di Lingga untuk menjadi bagian dari anggota Polri sangat luar biasa, hal itu dapat kita lihat dari banyaknya jumlah peserta Binlat dari wilayah Dabo dan Daik. Kegiatan dilaksanakan pada awal Maret 2021 lalu dengan beberapa kali pertemuan dan materi yang berbeda-beda,” kata Kompol Hadi Sucipto, Senin (22/3/2021).

Lebih jauh Kompol Hadi mengatakan, Binlat tersebut sangat penting dilaksanakan sebelum para peserta mengikuti tes yang sesungguhnya. Adapun pembinaan dan pelatihan (Binlat) yang dilaksanakan meliputi Binlat Kesehatan, Binlat Jasmani, Binlat Akademik dan Binlat Psikologi.

“Kita harapkan adik-adik yang mengikuti Binlat dapat terus berlatih dirumah agar ketika nanti mengikuti tes sesungguhnya telah siap dan maksimal,” katanya

Dijelaskan Kompol Hadi Sucipto pelaksanaan Binlat diawali dengan pemeriksaan kesehatan dengan melibatkan tenaga kesehatan dan diikuti sebanyak 37 orang laki-laki dan 15 orang wanita dilakukan pengecekan tensi, tinggi dan berat badan, jarak pandang, buta warna dan postur tubuh.

Lalu pada Binlat Jasmani jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 40 orang terdiri dari 36 orang laki-laki dan 4 orang wanita, pelaksaan Binlat dilaksanakan dengan materi kemampuan renang yang dilaksanakan di kolam renang Batu Ampar.

“Binlat ini tidak hanya dilaksanakan atau diikuti oleh peserta di Dabo Singkep saja tapi juga dilaksanakan di Daik Lingga. Untuk peserta di Daik ada sebanyak 23 orang laki-laki dan 9 orang perempuan,” ungkapnya

Sementara pada Binlat Kesamaptaan Jasmani diikuti sebanyak 35 orang peserta yang terdiri dari 32 orang laki-laki dan 3 orang wanita, materi yang diberikan pada peserta meliputi, lari, pull up, push up, sit up dan shuttle run kegiatan dilaksanakan di Mako Polres Lingga.

“Pada pelaksanaan Binlat, sebagai pemateri selain dari anggota Polres Lingga juga melibatkan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik,” ungkap Kompol Hadi

Sementara Binlat Akademik dilaksanakan di SMA Negeri 1 Dabo Singkep sebagai pemateri atau narasumber akademik oleh tenaga pendidik dengan jumlah peserta Binlat sebanyak 62 orang terdiri dari Pria 51 orang dan Wanita 11 orang.

Dengan pelaksanaan Binlat ini diharapkan putra putri dari Kabupaten Lingga sudah siap bersaing dengan putra putri se Kepri nantinya pada saat pelaksanaan Seleksi di Polda Kepri.

Dan kita harapkan dan kita doakan semoga tahun ini yang berhasil lulus menjadi anggota Polri dari Kabupaten Lingga bisa lebih banyak lagi. Tahun 2020 yang lulus dari Kabupaten Lingga sebanyak 9 orang yang terdiri 8 laki-laki dan 1 perempuan. Maka untuk tahun 2021 ini yang berhasil lulus kita harapkan bisa lebih banyak lagi.
(R/Mhd)

Pos terkait