Ruang Isolasi RSD. MAYJEND HM RYACUDU Kabupaten Lampung Utara pada awal bulan juli 2020. Sudah Siap Dipergunakan

Lampung. NAK – Ruang Isolasi RSD. MAYJEND HM RYACUDU Kabupaten Lampung Utara pada awal bulan juli 2020. Sudah Siap Dipergunakan.

dr,Syah Indra Husada Lubis, Sp.OG, Plt Direktur RSD MAYJEND HM RYACUDU Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara menjelaskan Ruang isolasi sebagai berikut, pelayanan oleh seluruh tenaga kesehatan di RS baik sarana maupun prasarananya sudah siap untuk menangani pasien yang terjangkit virus corona di RSD Ryacudu sejak awal Juli 2020.
Ruang isolasi untuk menangani pasien yang terjangkit virus korona jenis baru (Covid-19) telah disiapkan Rumah Sakit Umum Daerah MAYJEND HM RYACUDU. Ruangan isolasi tersebut terletak pada bagian samping kanan depan RS, dapat kita lihat tepatnya di samping Instalasi Gawat Darurat (IGD) dengan akses langsung ambulans untuk masuk ke dalamnya.
Mungkin kemarin ada sedikit keterlambatan. Itu dikarenakan kurangnya alat kesehatan berupa ventilator yang membuat kami masih harus menunggu alat tersebut tiba di RS. Tapi Alhamdulilah RSD sudah mendapatkannya dan menerima dua alat ventilator tersebut.

Bacaan Lainnya

Plt Direktur RSD. dr.Syah Indra Husada Lubis. Sp.OG mengatakan, ruang isolasi itu diperuntukan bagi pasien yang terjangkit virus korona. “Pasien yang memiliki gejala demam, batuk, dan sesak napas, akan menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD. Sampai saat ini kami sudah merawat beberapa pasien yg tergolong ODP (Orang Dalam Pemantauan) serta PDP (Pasien Dalam Pengawasan) hingga pasien tersebut akhirnya dinyatakan sehat dengan hasil akhir Negatif terkena virus Covid-19.” ujar dr, Syah Indra.

Menambahkan, pasien yang memiliki gejala juga akan diperiksa riwayatnya, apakah pernah berpergian ke daerah rawan atau pernah berinteraksi dengan orang yang terjangkit virus korona atau tidak.”Intinya pasien yang ada gejala virus korona akan dirawat di ruang isolasi.

dr. Syah Indra mengatakan, RSD MAYJEND HM RYACUDU tidak memiliki kapasitas untuk menampung pasien yang dinyatakan positip tetapi tidak menunjukkan gejala dan tidak memiliki indikasi rawat. Sesuai rekomendasi Kemenkes, pasien yang tidak bergejala atau memiliki gejala(keluhan) ringan direkomendasikan untuk isolasi mandiri di rumah atau sesuai kebijakan pemerintah daerah akan dikarantina di Islamic Center serta dipantau oleh tim medis di sana.

“Batas waktu pasien diisolasi atau dikarantina itu sesuai dengan anjuran Kemenkes. Jika kondisi stabil, membaik serta sudah menunjukkan hasil negatif maka pasien boleh pulangkan. Tetapi jika kondisi pasien memburuk, maka akan dirujuk dan dilakukan perawatan di RSD Ryacudu” kata dia.

RSD. dr, Syah Indra. juga menjelaskan dimana RSD telah menyiagakan tim gerak cepat untuk melakukan penanganan kepada pasien yang diduga terjangkit virus korona. Tim itu dipimpin langsung oleh para dokter spesialis dibantu oleh para perawat serta tim tenaga kesehatan lainnya yang handal, yang selalu siap siaga selama 24 jam jika terdapat pasien masuk. Penanganan tanggap darurat ke ruang isolasi, tim akan selalu siap dengan cepat dalam penanganan pasien di RSD MAYJEND HM RYACUDU.

dr. Syah Indra Husada Lubis.Sp.OG. Mengutarakan himbauan kepada seluruh masyarakat khususnya Masarakat Kabupaten Lampung Utara agar tidak memandang remeh dan kecilnya virus penyakit covid-19. CORONA ini dan selalu dapat menjaga diri dan terus berhati-hati. Untuk dapat terus menjaga jarak saat berinteraksi kepada sesama. Mencuci tangan dengan sabun dan selalu memakai masker. Karena kunci kesehatan terletak pada disiplin pada diri kita sendiri, untuk selalu waspada dan berhati-hati. karena kesehatan adalah kunci utama dalam kehidupan kita.

(Yudi/tim).

Pos terkait