Pers Diperlukan Sebagai Pilar Penegak Penyampaian Kebenaran Berita Kepada Masyarakat anjuran dari Bupati Batu bara

Batu bara. NAK-Pemerintahan Kabupaten Batu Bara bersama persatuan wartawan Indonesia (PWI) Batu Bara mengelar acara sosialisasi tentang penerapan dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan covid-19 dan pra UKW .

Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP menyampaikan sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PWI atas kegiatan sosialisasi adaptasi kebiasan baru, sebagai perwakilan Kabupaten Batu Bara turut serta membantu penyelenggaraan acara ini, saat memberikan kata sambutan acara adaptasi kebiasaan baru bersama PWI

Bacaan Lainnya

Ir H. Zahir M.ap juga menyampaikan sesuai pidato resmi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di istana merdeka pada tanggal 15 mei 2020 yang lalu, “bahwa Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah Covid-19. itu keniscayaan, banyak disebut orang sebagai new normal atau tatanan kehidupan baru”.

“Kita semua pasti ingin kembali bisa bekerja, belajar, bersosialisasi maupun beraktivitas, agar dapat produktif di era pandemi covid-19 ini” tutur Ir H. Zahir M.Ap.

Pada saat ini, media massa, media elektronik dalam hal pemberitaan sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa di pisahkan dengan kehidupan berbangsa, bernegara yang berdemokrasi,
bahwa, media massa dikenal sebagai pilar keempat demokrasi.

Pers semakin diperlukan sebagai, pilar penegak penyampaian kebenaran kepada masyarakat, pilar penegak fakta-fakta, pilar penegak aspirasi – aspirasi yang ada di masyarakat, terlebih di zaman sekarang banyak beredar berita berita palsu atau hoax .

Pers juga sangat diperlukan untuk membangun narasi kebudayaan baru, membangun narasi peradaban baru, agar informasi ke masyarakat bergerak semakin cepat terlebih di masa pandemi covid-19 saat ini.

“Beradaptasi dengan kebiasaan baru, yaitu disiplin hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan, dengan rutin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker saat berada di luar rumah, jaga jarak dan menghindari keramaian”, ungkap Zahir kepada awak media kamis 06/08/2020, di aula kantor Bupati Batu bara .

Sementara itu ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kabupaten Batu Bara Alpian mengatakan, terlaksananya kegiatan sosialisasi tentang penerapan dan adaptasi kebiasaan baru pencegahan covid-19 dan pra UKW tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batu Bara. kebiasaan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan di masyarakat dan setiap individu.

“Sehingga bisa menjadi norma sosial dan norma individu yang baru dalam kehidupan sehari – hari, sebagai media dapat menyampaikan kepada masyarakat melalui publikasi dalam bentuk tulisan, saat ini Dewan Pers juga sudah melakukan langkah maju dengan aturan standar kompetensi wartawan yang ditampung dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW)” ungkap Alpian

PWI Batu Bara menghadirkan narasumber dari ketua PWI Sumut Hermansyah yang didampingi wakil ketua bidang pendidikan PWI Sumut Rizal R Surya

Terlihat hadir dalam acara tersebut adalah Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, Kajari Batu Bara Mulyadi Sajaen diwakili Kasi Intel Kajari Batu Bara Zefri SH, Pandapotan Simamora SH, Kadis Kesehatan Batu Bara drg. Wahid Kgusairy, Kadis Kominfo Batu Bara Andri Rahadian, Ketua PWI Sumatera Utara H. Hermansyah serta puluhan wartawan PWI dan Non PWI dari Media cetak, online dan televisi.

( Albs70 )

Pos terkait