Wali kota Subulussalam  di undang camat Rundeng menanam talas unggu perdana  di desa harapan baru

  • Whatsapp

Subulussalam. NAK – talas unggu  perdana ditanam di lokasi wilayah desa harapan baru kecaman Rundeng kota Subulussalam  aceh Rabu 24/06/2020.

Camat Rundeng Irwan paisal SH mengundang walikota Subulussalam H. Affan Alfian SE. beserta wakil walikota Subulussalam  Drs Salmaza MAP.

Bacaan Lainnya

“dalam sambutan acara tersebut camat Rundeng  irwan paisal SH.menyampaikan dan mengajak semua masyarakat petani didesa harapan baru kampong badar dan  desa teladan baru yang masih satu hamparan di lokasi dekat lae kombih.mari kita bercocok tanam  talas ungu dikembangkan komoditi budidaya  menjadi pokok  unggulan pertanian meningkatkan perekinomian.

Dan juga mengajak semua pihak bergandengan tangan bekerja sama  melibatkan dari orang luar daerah  sumatra utara untuk persiapan membantu  meningkatkan kemajuan kelancaran penjualan dan pemasaran.dan petani  jagung telah melekat berbudidaya kepada masarakat yang sudah menanam ratusan hektar di19 desa yang  harus  juga kita perjuangkan dan bukan di abaikan.

“dalam kesempatan ini irwan paisal memaparkan pengalaman tahun 2019 lalu tentang kebun talas ungu berkat kerjasama muspika dengan pelaku pengusaha Saudara seragih dari  lahan 3 H( tiga hektar) membubuhkan hasill panen mengeluarkan 30 ton (tiga puluh ton)

“kami sepakat satu kata bersama muspika bergandengan tangan dengan 23 kepala desa berkomitmen akan menganggarkan bibit talas unggu  dari anggaran dana desa.dan meminta dukungan penuh kepada pemerintah kota walikota  dan wakil walikota subulussalam.karena Akhir tahun 2020  ini terget kami mengajak masyarakat mengembangkan menanam talas ungu mencapai 150 H. insyaAllah  pada saat  dan hari ini  telah  kami tanam sudah 25 H.(dua puluh lima hektar) yang beberapa desa di kecamatan Rundeng kota subulussalam kami berani meneken kontrak MoU dari 150 H.mengeluarkan hasil 15 ton perminggu. pungkasnya.

Walikota Subulussalam H. Affan Alfian SE. serius menanggapi program  permohonan masyarakat  petani  menanam talas ungu  di dataran rendah yang cocok layak tempat ditanam  mengembangan kebun talas ungu  kecamatan rundeng di pinggiran sungai.yang sering mengalami  banjir.

“nsyaAllah akan kita anggarkan dari dana otsus tahun 2021 dan  langsung  memerintahkan dinas pertanian mencatat progeram ini  guna membantu  masyarakat  meningkatkan perekonomian sesuai dengan arahan dan petunjuk dari pemerintah pusat sektor pertanian harus tetap berjalan bahkan lebih ditingkatkan lagi agar kesediaan pangan tidak terganggu.

“harapannya kepada masyarakat calon petani  jangan membiarkan lahan yang ada  dijadikan lahan tidur  sejengkal pun untuk menganggur.karena Selama ini   perekonomian kita terhambat juga kegiatan progeram  pemerintah serba terbatas di saat wabah covid 19.Tapi di  Era NAWnormar ini insaAllah  ekonomi masyarakat juga kembali  normal.ucapnya.

Acara perdana tanam talas ungu di desa harapan baru di hadiri, Wakil Walikota Subulussalam, berderta Sekda Subulussalam.Kepala Kejaksaan Negeri Subulussalam, Kepala Pengadilan Negeri Subulussalam. Kodim 0118 Kota Subulussalam. Perwakilan Kapolres Kota Subulussalam. Anggota DPRK Subulussalam Dapil lll Rundeng & Longkib, Ketua MPU Kota Subulussalam, Kadis Kominfo Kota Subulussalam, Kadis Pertanian Kota Subulussalam, Kadis Perhubungan Kota Subulussalam,kadis UKM Subulussalam.Camt Simpang kiri, Camat Penanggalan, Kepala Mukim Binaga.
Dan kepala desa se kecamatan Rundeng.

(Mkm)

Pos terkait