Pemda Nias Raih Hadiah 3 Milyar Dari Kemendagri

NIAS. NAK – Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan Lomba Inovasi tentang tatanan normal baru Produktif dan Aman Covid-19. Salah satu bagian dari penerimaan penghargaan tersebut di raih oleh Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara

Diawal sambutannya Mendagri Tito Karnavian memaparkan bahwa tujuan penggerakan lomba inovasi daerah tentang tatanan normal baru di pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

“Tingkat Provinsi, Kab/Kota yang  sebagai penggerak cepat yang produktif dekat dengan masyarakat atau bersentuh langsung di daerah masing-masing, mudah beradaptasi memantau tatanan baru yang terjadi sebagai gerakan Nasional di masa pandemi covid-19. Sehingga tujuan Peran Pemerintah Daerah menjadi sangat penting, ungkap Tito di Gedung Sasana Bakti Praja Kemendagri Jakarta.

Pada kesempatan itu, Tito menuturkan “Lomba inovasi ini diselenggarakan sejak 29 Mei dan diikuti oleh 460 daerah, yang mengirimkan video simulasi penerapan protokol kesehatan ditujuh sektor terdapat 2.517, kategorinya antara lain pasar tradisional, pasar modern, hotel, restoran, tempat wisata, transportasi publik dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin melalui virtual mengapresiasi atas inisiatif Kemendagri pada penyelenggaraan kegiatan dimaksud

Hal itu disebakan akibat insiden pandemi Covid-19 di seluruh dunia termasuk Negara Indonesia, sehingga hampir menyentuh semua sektor namun tetap berharap inovasi itu dan kreaktif tetap jalan.

Tatanan kehidupan kita disegala bidang kegiatan akan berubah drastis, seluruh bidang kegiatan ekonomi akan dilaksanakan dengan cara yang sama sekali berbeda dari sebelumnya. Nah, untuk itu dibutuhkan inovasi dan kreativitas agar kegiatan ekonomi produktif tetap jalan, tetapi aman Covid-19, jelas Wapres RI

Kepada media ini, Wakil Bupati Nias mengatakan Kabupaten Nias mengikuti atau mengirim 2 vidio Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 kepada panitia, dan hasilnya disektor pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Kabupaten Nias meraih peringkat pertama sedangkan disektor pasar modern kita kembali meraih peringkat ketiga,” terang Wabup usai menyaksikan penyerahan penghargaan.

Adapun pemenang pertama setiap kategori dari setiap klaster daerah, diberikan dana insentif daerah sebesar Rp 3 miliar, pemenang kedua Rp 2 miliar dan pemenang ketiga Rp 1 miliar. Sehingga total terdapat 84 pemenang dengan total Rp 168 miliar.

Turut hadir menyaksikan penyerahan penghargaan dari ruang rapat, Wakil Bupati Nias, Sekda Kabupaten Nias, Kadis Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kadis Kominfo dan Asisten I.

(Parlin)

Pos terkait