Pemda Lingga Gelar Bazar Paket Sembako Murah untuk Ringankan Beban Ekonomi Warga

Lingga. NAK – Kepri – Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga menggelar kegiatan bazar paket sembako murah dalam rangka penguatan pangan dan ekonomi masyarakat dampak pandemi COVID-19.

“Hari ini kita mulai sembako murah bagi masyarakat dengan menggunakan anggaran penanganan COVID-19,” ungkap Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat menghadiri kegiatan bazar paket sembako murah di Kelurahan Dabo Lama, Selasa (12/5/2020).

Bacaan Lainnya

Muhammad Nizar menyebutkan, bazar paket sembako murah itu bersumber dari anggaran daerah Kabupaten Lingga tahun 2020 dengan total lebih Rp 600 juta.

Bantuan subsidi sembako tersebut disalurkan melalui Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Lingga.

Paket sembako tersebut dalam harga normal seharga Rp 250.000,- kemudian disubsidi oleh Pemerintah daerah Kabupaten Lingga sebesar Rp 150.000. Maka, masyarakat cukup membayar Rp 100.000 untuk paket sembako tersebut.

Adapaun isi paket itu terdiri dari beras premium 10 kg, tepung terigu 4 kg, gula 4 kg dan 4 kantong minyak gorang ukuran 900 ml.

“Sembako murah ini kita tebar di beberapa kecamatan yang ada di Lingga, mulai hari ini (Selasa 12/5/2020) di Kelurahan Dabo Lama,” jelas Nizar.

Sedangkan paket sembako murah di desa bersumber dari Dana Desa (DD). Mengingat di tingkat desa juga terdapat Bantuan Langsung Tunai (BLT) berkisar Rp 600.000,-.

Nizar memaparkan, bagi masyarakat yang masih menunggu bantuan bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial akan disalurkan melalui Dinas Sosial Kabupaten Lingga.

“Untuk penyaluran lewat Dinas Sosial sekitar 3.370 penerima, disitu juga ada BLT dari Kemensos. Akan segera disalurkan.” tambah dia.

Untuk penerima bantuan tersebut, merupakan orang-orang yang telah diverifikasi diluar penerima PKH.

Pemda Lingga, lanjut Nizar akan melakukan verifikasi dan sinkronisasi ulang penerima bantuan yang dititipkan dari Kemensos ke Dinsos Lingga agar tidak terjadi tumpang tindih penyaluran bantuan.

Turut hadir dalam kegiatan bazar murah mendampingi Wakil Bupati Lingga yakni Asisten II Bupati Lingga, Plt DPMPTSPP Lingga beserta jajaran, Plt Camat Singkep, Lurah Dabo Lama dan masyarakat Dabo Lama.

(Kasubag Humas Pemkab Lingga/Mhmd)

Pos terkait