Dinas Perakim Programkan Rehab Rumah Dinisel 362 Unit 2020

Nias Selatan, NAK-Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perakim) Nias Selatan Luncurkan program rehab rumah sebanyak 362 unit tahun 2020 ini.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perakim Nias Selatan, Ir. Yudika Duha saat disambangi sejumlah awak media diruang kerjanya, jalan baloho indah, Jumat (17/1/2020).

Bacaan Lainnya

Program rehab rumah itu bersifat stimulan dan terdiri dari 2 sumber, yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak 112 unit, dan dari BSPS sebanyak 250 unit sehingga seluruhnya berjumlah 362 unit, Jelas Duha!

Ia menjelaskan bahwa rehab rumah yang sumber anggarannya dari DAK masing- masing Rp. 35 Juta per unit, sedangkan yang bersumber dari BSPS masing – masing Rp. 17,5  juta per unit, Ucap Duha!

Kecamatan yang mendapatkan bantuan rehab stimulan dan sumber anggarannya dari DAK, yaitu : Kecamatan Teluk Dalam, Mazino, Fanayama, Toma, dan Somambawa, sedangkan dari BSPS, diantaranya Kecamatan Onolalu, Lahusa, dan Amandraya, Sebut Duha!

Selain program perumahan, Dinas Perakim memiliki program kawasan, yaitu Pembangunan Drainase, Tembok Penahan Tanah (TPT), dan sarana air bersih, Ucap Kadis!

Untuk pembangunan sarana air bersih akan diprogramkan di Hilifalago, dan Orahili Gomo, sedangkan TPT yaitu : di Amandraya, Bawomataluo, Nawowa, dan Hiliganowo, Tutur Kadis Perakim!

Untuk pagu dana program ini, yaitu Drainase, TPT, dan Air Bersih seluruhnya sebesar Rp. 2,6 Miliar yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU), jelas Duha!

Untuk sasaran program perumahan itu, hanya bagi masyarakat yang ekonominya rendah, karena sifat program rumah tersebut berupa stimulan saja, Pungkas Duha!

Penulis : Riswan Gowasa

Pos terkait