Jawab Impian Masyarakat Nisel, DPRD Bersama Pemda Prioritaskan Bandara Silambo

Nias selatan, NAK-Pembangunan Bandara Silambo menjadi Prioritas Program Pemerintah Daerah Kabupaten Nisel tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi I DPRD Nisel, Memoris Fau,SH melalui Konferensi Pers diruang Media Center DPRD nisel, jalan Km. 3 Saonogeho, Rabu kemeren, (20/11/2019).

Bacaan Lainnya

Dalam konferensinya, Memoris Fau mengatakan bahwa pembangunan Bandara Silambo salah satu prioritas program yang sudah disepakati dalam pandangan Fraksi DPRD Nisel, yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2020, Ucap Fau!

“Anggaran yang sudah ditetapkan tersebut sebesar Rp 21 Miliar lebih”, Tutur Fau.

Politisi Partai Perindo itu mengatakan bahwa Program ini sangat bermanfaat, berdaya guna dan dirasakan oleh semua masyarakat Nisel, karena program ini sudah lama dirindukan oleh masyarakat, Ucap Fau!

“Selain itu, Bandara Silambo tersebut dapat meningkatkan potensi-potensi, serta untuk meningkatkan kemajuan pariwisata, dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Nias selatan”,Jelas Fau!

Dalam kesempatan itu, Kadis Perhubungan Nisel, Drs. Fa’atulo Gulo, mengatakan bahwa pembangunan Bandara Silambo, telah disepakati pada hasil tindak lanjut dari tim Verifikasi Angsapura 2 Sumatera Utara, pada bulan september 2019 yang lalu, Ucap Gulo!

Ia juga menjelaskan bahwa ada beberapa item yang menjadi persyaratan untuk pendaratan perintis di Bandara Silambo, dan ini telah dikonsultasikan dipihak konsultan, Jelas Gulo!

” Pembangunan Bandara Silambo ini merupakan Prioritas Utama Bupati Nisel “, Cetus Gulo!

Fa’atulo Gulo mengatakan bahwa pada pembahasan anggaran tersebut telah disetujui dengan dua putusan yaitu, menyangkut pembangunan Bandara Silambo, termasuk juga Study Airport, Rencana Induk Pembangunan (RIP) Bandara Silambo dan AMDAL pembangunan Fisik, sehingga dapat memenuhi syarat yang sesuai hasil verifikasi hasil Maritim Angsapura 1dan 2 propinsi sumatera utara, Pungkas Gulo!

Selain itu juga, ada program untuk mengajukan Kapal laut di Kementrian Perhubungan RI, dan kapal tersebut sudah tiba Nias selatan yaitu dari Dirjen Laut RI, dan saat ini sedang uji coba survei lokasi dibeberapa Kecamatan di Kepulauan Nias selatan, Ucap Gulo!

Juga dalam pembahasan di Komisi I DPRD Nisel, telah disepakati anggaran subsidi Kapal Benawan Nusantara 111 sebesar Rp 1,3 Miliar, Ujar Gulo!

“Terus subsidi kapal cepat Mentaiwai fast mendapat pesetujuan Komisi I DPRD Nisel dengan rute Teluk dalam – Pulau Tello sebesar Rp 1,5 Miliar”, Tutur Gulo.

Dan beberapa tambahan yang diusul Dishub Nisel, yaitu tentang pembangunan Terminal Bus dan lainnya di Kabupaten Nias Selatan, tutup Gulo.

(Riswan Gowasa )

Pos terkait