Gereja St Damian Sabet Juara Umum Pesparani Kota Batam 2019

BATAM, NAK – Gereja Katolik Santo Damian Bengkong, sabet juara umum pada lomba Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik ke-1 Tahun 2019 Kota Batam. Pengumuman itu digelar di Aula Gedung Serbaguna (GSG) Gereja Katolik Sto. Petrus Lubukbaja Batam, Minggu (10/11) malam.

Tiga juri nasional dari Jakarta Herman Yoseph Tan, Andreas Purwihandoko, Hermanus Gahi Hokeng, dan Herman Tan. Kemudian juri rekan pada lomba Akbar itu antara lain Alexander Luciano, RD Philipus Seran, Esna Munthe, Sr Anastasia Barasa, RD Wilfridus Patrisius Nong Yodi, RP Antun Wardoyo, Martina Murtiyah, dan Sr Suryati mengumumkan juara bergilir itu.Dari 13 yang dilomba, peserta St Damian nyaris menyabet penilaian emas atau gold. Mulai dari lomba paduan suara, Anak, Remaja, orang muda Katolik (OMK), Dewasa wanita, dewasa laki laki dan dewasa campuran. Kemudian lomba Cerdas cermat kategori Anak, Remaja, Bernyanyi mazmur dan Bertutur kitab suci kategori Anak-anak.

Bacaan Lainnya

“Kami sungguh bergembira dengan hasil ini. Ternyata, umat Katolik di Batam penuh dengan bakat yang luar biasa. Sepanjang penilaian kami di beberapa daerah, Kota Batam salah satu daerah yang punya suara khas dan kecerdasan bertutur Alkitab luar biasa. Metode penilaian kami, nilai mulai dari perak, perunggu dan gold. Dan nyaris sempurna hasilnya adalah gold. Selamat,” kata juri nasional Herman Minggu malam.

Ketua Panitia Pelaksana Pastor RD Chrisanctus Paschalis Saturnus, langsung menyerahkan pialaul bergilir kepada peserta St Damian saat itu. Teriakan disertai lompatan di tempat menyambut piala itu, tak terelakan mengekspresikan keberhasilan juara umum. “Kami berharap, kepada yang menang jangan jumawa tetap dipertahankan. Dan kepada yang belum beruntung untuk berusaha tahun depan,” ujar pria yang akrab disapa Romo Paschal.

Pemko Batam yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Batam Suleman Nababan mengatakan, pemerintah terus mendukung program itu. Sebab katanya, dari sisi bakat umat Katolik Batam tak diragukan lagi. “Kami berharap, pada Pesparani tingkat provinsi dan Nasional yang akan diadakan 2020 di Kupang, NTT Batam menjadi juara umum. Harapan kami terus berlatih,” ujar Suleman.

Acara itu sebelumnya, dibuka resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam H. Zulkarnain Umar Jumat (8/11/2019) malam. Pastor RD. Chrisanctus Paschalis Saturnus menjelaskan, kegiatan Pesparani ini diikuti enam Paroki Gereja Katolik se-Kota Batam. Antara lain St Petrus, St Damian, St Maria Bunda Pembantu Abadi, St Hilarius, St Kerahiman Ilahi, dan St Fransiskus Asisi. Dengan jumlah peserta sebanyak 838 orang.

Pada penyerahan piala bergilir dan piagam, dihadiri Ketua Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Daerah Kepri (LP3KD) Provinsi Kepulauan Riau Thomas Suprapto, LP3KD Kota Batam Johanes Dwi Purnomo, Anggota DPD RI asal Kepri Haripinto Tanuwidjaja, dan para Imam, suster dari lingkungan Keuskupan Pangkalpinang.

“Kami berharap, kegiatan ini dilestarikan ke depan. Selain sebagai ajang silaturahmi antar umat, juga mengasah kemampuan anak-anak. Dan karya nyata untuk membangun Kota Batam lewat paduan suara dan bertutur Alkitab. Kami yakin, jika bersatu maka Allah ada di pihak kita,” kata Haripinto Tanuwidjaja
(Red-Team)

Pos terkait