DAK Fisik Nisel 2020 Meningkat Mencapai Puluhan Miliar

Nias Selatan, NAK-Rapat Kerja Komisi III DPRD Nisel bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menyepakati beberapa program Bappeda tahun 2020.

Rapat Komisi III DPRD bersama Bappeda Nisel tersebut membahas Ranperda tentang APBD TA. 2020.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan oleh ketua komisi III DPRD, Pegangan Dakhi, S. Pd melalui konferensi pers di Media Center DPRD Nisel, jalan Saonigeho Km. 3 Telukdalam, Rabu (20/11/2019).

Dalam konferensinya, Pegangan Dakhi mengatakan bahwa anggaran Bappeda yang telah disepakati melalui Ranperda yang baru selesai sebesar Rp. 3,5 Miliar, Ucap Dakhi!

Ia menjelaskan bahwa anggaran tersebut diperuntukkan dalam beberapa program kerja Bappeda tahun 2020, jelasnya!

Dalam kesempatan tersebut, Pegangan Dakhi menyebutkan beberapa program Bappeda tahun 2020, diantaranya : penggunaan aplikasi e-planing yang disebut E-Furai, penyusunan rancangan RPJMD Tahun 2021 – 2026, dan koordinasi pelaksanaan DAK, Sebut Dakhi!

Ia mengatakan bahwa komisi III berharap agar sinergitas Bappeda bisa mendampingi OPD dalam mengusulkan program – programnya dipusat, Tutur Dakhi!

Dalam kesempatan itu, Plt. Kaban Bappeda Nisel, Abdiel S. Amazihono mengatakan bahwa anggaran yang disepakati oleh Komisi III DPRD di Bappeda sesuai KUA – PPAS, dan dalam anggaran itu, Bappeda melaksanakan 13 program dan 48 kegiatan, Ucapnya!

Abdiel S. Amazihono mengatakan bahwa kami sebagai fungsi perencanaan sesuai kesepakatan akan berusaha meningkatkan koordinasi dengan komisi III, apalagi penyusunan kegiatan yang berskala prioritas yang dibutuhkan masyarakat, Ucap Dia!

Lebih lanjut, Abdiel A. Amazihono menyampaikan bahwa pada tahun 2021 nanti kita berencana menggunakan aplikasi E-Planing (E-Furai), dan ini mau tak mau harus kita laksanakan, karena merupakan program pusat, Ucap Abdiel!

Persiapan penyusunan RPJMD 2021 – 2026 walaupun proses pilkada berlangsung 2020, namun sebagai fungsi perencanaan menurut peraturan, Bappeda harus mempersiapkan rencana RPJMD untuk Periode berikutnya, Tuturnya!

Sebagai fungsi perencanaan atau koordinasi mengenai pelaksanaan DAK, Bappeda akan memfasilitasi seluruh OPD dalam menyusulkan perencanaan DAK melalui aplikasi krisna Bappenas, Ucapnya!

Ia juga mengatakan bahwa tahun ini nisel mendapatkan peningkatan Dana DAK Fisik, dimana tahun 2019 DAK Fisik Nisel 155 Miliar, dan tahun 2020 nisel mendapat 245 Miliar lebih, artinya meningkat kurang lebih 90 Miliar, dan kita tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa naik lagi 2021 mendatang, Cetusnya!

(Riswan Gowasa)

Pos terkait