DPRD Siantar Menggelar Rapat Paripurna Pembentukan Fraksi dan Penetapan Calon Pimpinan Defenitif

PematangSiantar, NAK-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pematangsiantar akan menggelar rapat paripurna pembentukan fraksi dan penetapan calon pimpinan defenitif, Rabu (25/9/2019).
“Ada tujuh fraksi serta struktur kepengurusannya yang akan dibentuk lewat paripurna itu,” kata Ketua DPRD sementara Kota Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga, kepada wartawan, Selasa (24/9/2019).

Sementara, untuk calon pimpinan DPRD Kota Pematangsiantar defenitif yang akan ditetapkan, yakni Ketua Timbul Marganda Lingga dari PDIP, Wakil Ketua Mangatas Silalahi dari Partai Golkar, dan Wakil Ketua Ronald Darwin Tampubolon dari Partai Hanura.

Bacaan Lainnya

Ketujuh fraksi tersebut yakni Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan posisi ketua dipercayakan kepada Suandi Apohman Sinaga, Golkar yang diketuai Luku Carey Purba, Hanura yang diketuai Andika Prayogi Sinaga, NasDem yang diketuai Frans Herbet Siahaan, Demokrat yang diketuai Ilham Sinaga, Gerindra yang diketuai Netty Sianturi, dan PAN/PKPI yang diketuai Nurlela Sikumbang

Setelah penetapan calon pimpinan dilakukan, lanjut Timbul, DPRD akan menyurati Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) melalui Walikota Siantar untuk menerbitkan surat keputusan (SK) pengangkatan pimpinan DPRD Kota Pematangsiantar periode 2019-2024.
“Setelah SK dari Gubsu diterima, kita akan kembali menggelar rapat paripurna tentang pelantikan pimpinan DPRD Kota Pematangsiantar,” terang Timbul.

Timbul menjelaskan, calon pimpinan yang akan ditetapkan itu sesuai dengan rekomendasi dari partai masing-masing.

Dan tugas selanjutnya, tambah Timbul, DPRD akan membentuk struktur kepengurusan dan anggota pada sejumlah alat kelengkapan dewan, seperti komisi-komisi, Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Perda (BPP), dan Badan Kehormatan Dewan (BKD).

Reporter ; Dodi Lupika NST.
Editor ; Rahmat Hidayat.

Pos terkait