Naik Helikopter Alfedri, Panatau Karhutla Di Rawang Air Putih dan Tasik Betung, Siak

SIAK. NAK -Usai melepas pawai takbir idul adha, Bupati Siak Alfedri kepada sejumlah awak media mengatakan bahwa dirinya Sabtu kemarin bersama Kapolres Siak, Danramil, dan Kepala BPBD Siak, memantau sejumlah titik api menggunakan Helikopter di wilayah Kampung Rawang Air Putih dan Tasik Betung.

Kata Alfedri, spotyang agak besar berada di Kampung Rawang Air Putih dan Tasik Betung sebagian wilayah Bengkalis. Sudah 10 hari ini dilakukan water Boming di wilayah tersebut dan tadi (sabtu pagi) dibantu oleh anggota BPBD Siak, manggala agni dan perusahaan.

Bacaan Lainnya

Begitu juga untuk wilayah Rawang Air Putih, dilakukan Pemadaman oleh petugas BPDD, TNI/Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan bantuan dua Helikopter untuk water bom dari perusahaan Sinar Mas Group.

“Tentu kita berharap lokasi titik api tersebut bisa diatasi” ujarnya, Sabtu (10/8/2019) malam.

Kemudian ia menyampaikan apresiasi atas dukungan dari pihak perusahaan yang intens dalam mengantisipasi kerhutla. Dibuktikan degan bantuan Water Bom lewat udara, memakai 2 unit Heli Super Puma dari PT. RML App. Dengan melibatkan puluhan tim darat fire marshall perusahaan beserta perlengkapan alat-alat mesin pompa.

“Atas nama pemerintah daerah kami mengapresiasi bantuan dari Perusahaan, kami tetap mengharapkan dukungan seperti ini terus terjaga dan berkesinambungan” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Camat Minas itu menyebutkan sekiranya ada kabut tebal saat shalat idul adha, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker. Kemudian pada hari senin para pegawai dan honorer bersama masyarakat akan melakukan shalat Istisqo atau sholat minta hujan.

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar lahannya. Jika dilakukan, ada sanksi berat yang akan menjerat sipelaku pembakar lahan maupun hutan” jelas Alfedri.

Selain itu lanjut Dia, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan telah melayangkan surat kesekolah-sekolah jika kabut asap semakin tebal,anak-anak sekolah bisa diliburkan, dengan catatan sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan.

Sebagian wilayah sudah diatasi dan terus dilakukan upaya pendinginan, seperti di kampung Merempan, Paluh, Dosan, dan di wilayah Kecamatan Dayun. Termasuk titik api yang baru muncul di Benteng Hilir,

Tak lupa ia pun menyampaikan apresiasi ke semua pihak termasuk jajaran TNI/Polri yang telah berperan aktif dalam penanganan karhutla secara intens. Ia berharap terus dilakukan upaya pencegahan dan tindakan yang berkesinambungan, agar kebakaran tidak meluas dan bisa padam secara total.

(Opto Zega)

Pos terkait