Sejumlah Paket Dinas Perakim Nisel 2019 Selesai Dikerjakan

Nias Selatan, NAK-Sejumlah Paket Proyek Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman
(Perakim) Nisel untuk anggaran 2019 satu persatu selesai dikerjakan, seperti pembangunan Drainase/parit di beberapa kawasan Permukiman warga di Kabupaten Nias Selatan yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2019, Hal ini dikatakan Kadis Perakim Nisel, Ir Yudika Duha kepada wartawan di Ruang Kerjanya, Jalan Baloho Telukdalam, Rabu, (3/7/2019).

Duha menjelaskan, ada beberapa pembangunan saluran drainase di kawasan permukiman warga yang dibangun Dinas Perakim dan saat ini sudah selesai dikerjakan.
“Pembangunan parit tersebut bersumber dari DAU Tahun Anggaran 2019 dan besaran pagu dananya bervariasi, yakni ada yang Rp. 200 juta dan ada juga yang Rp. 100 juta,”pungkasnya.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Kadis Perakim menyebutkan beberapa lokasi Pembangunan yang sudah siap dikerjakan itu, seperti : pembangunan parit di Desa Hilimbaruzo Kecamatan Mazo Rp.200 juta, pembangunan parit di Desa Hiliamuri Kecamatan Telukdalam Rp.200 juta, pembangunan parit di Lorong Halamba’a Desa Bawomataluo Kecamatan Fanayama Rp.100 juta, pembangunan drainase halaman Kantor Camat Mazino Rp.200 juta, pembangunan tembok penahan di depan Gereja Santo Matias Kecamatan Amandraya Rp.200 juta.

Selain pembangunan Drainase, ada juga paket rehabilitasi sejumlah Kantor Camat dan rehabilitasi sarana air bersih yang telah siap dikerjakan yaitu, rehabilitasi Kantor Camat Maniamolo dengan pagu dana sebesar Rp.200 juta, rehabilitasi Aula serba guna Kantor Camat PP Batu Rp.200 juta dan rehabilitasi sarana air bersih di Desa Hilizalootano Kecamatan Mazino Rp.200 juta, sebut Duha!

Untuk paket pembangunan 5 Kantor Camat dengan masing-masing pagu dana sebesar Rp. 1,2 Miliar, ada 3 paket yang sudah pada tahap pematokan yakni Kantor Camat Siduaori, Huruna dan Kantor Camat Idanotae. Sementara 2 paket lagi yaitu Kantor Camat Somambawa dan Kantor Camat Ulususua tinggal menunggu waktu tim pematokan,”pungkasnya!

Selain dari 5 Kantor Camat yang dibangun tahun ini, masih ada 14 Kecamatan lagi yang belum memiliki Kantor Camat dan pembangunan Kantor Camat akan terus berlanjut hingga semua Kecamatan memiliki Kantor Camat, tandasnya!

“Pembangunan Kantor Camat di seluruh Kecamatan merupakan salah satu program Pemerintah Daerah dan semuanya tergantung dukungan ketersediaan anggaran. kalau niat kita sebenarnya, maunya 14 lagi Kantor Camat yang belum ada itu dibangun serentak pada tahun depan. namun, semuanya itu kembali dari ketersediaan anggaran,”pungkas Duha.

(R. Gowasa)

Pos terkait