PT Pelindo Ekspose Rencana Pengembangan Pelabuhan Perawang

SIAK. NAK -Bupati Siak Alfedri didampingi Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Siak Hendrisan menerima kunjungan PT Pelindo dalam agenda Ekspose Konsep Rencana Induk Pelabuhan Pekanbaru Terminal di Ruang Rapat Sri Inderapura, Rabu (17/7/19).

Turut hadir dalam rapat ekspose tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Arif Fadillah, General Manager PT Pelindo Cabang Pekanbaru I Wayan Wirawan dan perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Riau serta OPD terkait.

Bacaan Lainnya

General Manager PT Pelindo Cabang Pekanbaru I Wayan Wirawan mengatakan, kedatangan mereka bertujuan untuk ekspos rencana pengembangan pelabuhan dan proyeksi perubahan-perubahan yang akan terjadi selama 15-20 tahun kedepan.

” Berdasarkan RIPN, Perawang termasuk pelabuhan no 13 di Pekanbaru ke 18 dari pelabuhan yang ada di Provinsi Riau, yang hirarkinya sebagai pelabuhan pengumpul sampai 2037″ kata dia.

Hal tersebut berdasarkan RTRW Provinsi, dimana pengembangan pelabuhan Pekanbaru yang tertuang di dalam Perda No 10 Tahun 2018, menyebutkan bahwa pelabuhan pekanbaru dan pelabuhan perawang berstatus sebagai pelabuhan pengumpul” terangnya.

Menanggapi penjelasan tersebut, Bupati Alfedri menyebut Rencana Pengembangan Pelabuhan di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak sejatinya dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan transportasi laut sungai yang ada di kabupaten siak.

“Terkait rencana tersebut Pemkab Siak menyambut baik setiap investasi dan pengembang yang ingin memberikan suatu kontribusi terhadap perekonomian daerah, baik itu industri pelabuhan dan sektor apapun” sebutnya.

Namun lanjut Alfedri, segala sesuatu terkait seluruh rancangan program harus dikembalikan kepada ketentuan tata ruang yang ada.

” Pemkab Siak tentunya tergantung pada tata ruang baik nasional maupun provinsi. Karena rencana tata ruang kabupaten harus menyesuaikan dengan provinsi dan nasional” pungkasnya.

(Op)

Pos terkait