Permudah Pelayanan Masyarakat, Kapus Gomo Siap Antar Jemput Pasien

Foto : Kapus Gomo, Sahabat Jaya Buulolo, SKM Nias Selatan, NAK-Pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan oleh pihak puskesmas Kecamatan Gomo Kabupaten Nias Selatan (Nisel) serta berbagai inovasi baru dalam mencegah penyakit terus dilakukan, Hal ini diungkapkan Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Gomo, Sahabat Jaya Buulolo, SKM, Kepada Awak Media saat disambangi diruang kerjanya, Sabtu (13/7/2019).

Sahabat Jaya Buulolo, SKM menjelaskan bahwa Pihaknya di Puskesmas Kecamatan membuat pelayanan mudah kepada masyarakat berpatokan pada Visi – Misi Bupati dan Wakil Bupati Nisel, Dr. Hilarius Duha, SH., MH dan Sozanolo Ndruru yang dirangkai dalam program Siwa Sanuwu Sihono Pada point 3, yaitu Menyediakan Sistem Kesehatan yang mudah dan berkualitas.

Bacaan Lainnya

” artinya, kegiatan yang kami lakukan, yaitu memberi pelayanan yang mudah, sehingga dapat mengurangi beban masyarakat, dimana salah satunya, kegiatan Puskesmas Gomo rutinitas, yaitu antar jemput pasien ibu yang melahirkan dan ini salah satu program yang terus kita lakukan, Pungkas Kapus itu!

Ia menambahkan, Juga Puskesmas Gomo membentuk kegiatan kelas Posbindu, artinya sesuai isu prioritas nasional, salah satu diantara 5 Posbindu itu adalah tentang penyakit tidak menular, dan penyakit tidak menular ini kan Pembunuh utama, untuk menangani masalah tersebut, pihaknya membentuk kelas Posbindu, dimana sasarannya umur 15 tahun keatas, Ucap Buulolo!

Disini, Pihaknya melakukan pemeriksaan dan pembersihan Gula Darah seluruh masyarakat, khususnya umur 35 tahun keatas, karena umur 35 Keatas merupakan umur yang sangat rawan akan penyakit gula, diabetes, hipertensi, kami mendeteksi dini secara langsung dilapangan, dan bagi yang terindikasi maka kami buat inovasi dengan penanaman daun kelor, dan bibitnya telah kita persiapkan, Ucapnya!

Hal itu, kami dari Puskesmas Gomo sangat berterima kasih kepada Ibu Kadis Kesehatan Nisel dan terlebih – lebih kepada pak Bupati dan Wakil Bupati yang selalu mendukung penuh program kami sehingga bisa terlaksana dengan baik, walaupun masih ada yang belum sempurna, Ucapnya!

Tahun 2019 ini, beberapa Prioritas yang harus dilakukan oleh Pukesmas Gomo, yaitu akan melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, baik didalam maupun diluar kantor sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), pembenahan dan penataan puskesmas, dan ini salah satu prioritas Kadis dalam dalam mencari puskesmas yang terbaik, kegiatan Germas, dan sedang kita dalami supaya tercipta desa disetiap wilayah menjadi percontohan dan semua program terutama berupa promotif, contoh kader kesehatan tercipta toga mandiri didesa, Jelas Buulolo!

Selain itu, Juga pihaknya menciptakan inovasi – inovasi pelayanan upaya kesehatan perorangan (UKP), maupun Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan ini telah kita lakukan, yaitu Sunatan Massal, ini sebuah inovasi baru, hal ini bukan tugas kami, namun terpaksa kita laksanakan karena permintaan masyarakat, dan ini sangat mengurangi beban masyarakat, karena gratis, ini biasanya biayanya jika diklinik sekitar Rp. 100 – 150 ribu, Pungkasnya!

Kami menghimbau agar masyarakat saling memberikan informasi kepada satu dengan yang lain terkait pelayanan kesehatan di Puskesmas Gomo, dan kami tetap akan kami berusaha melakukan yang terbaik, Ujarnya!

Dalam kesempatan ini, Kapus Gomo mengapresiasi perhatian Pemkab Nisel terkait pembangunan infrastruktur jalan mulai dari Jalan Lahusa – Gomo, dan Pengaspalan Keliling Kecamatan Gomo, bahwa sekitar 50 % jalan Menuju Desa Wilayah Gomo telah diaspal, dan ini sangat membantu kami dalam antar jemput pasien, dan kami sangat mengharapkan perhatian sepenuhnya kepada Bupati agar bisa melanjutkan pengaspalan jalannya, karena itu bagian dari hambatan kami ketika ada pasien didesa, Harapnya!

Selain, agar ada penambahan mobil ambulance, dan tenaga dokter spesialis, seperti Dokter gigi, pengelola farmasi, dan satu lagi dokter umum, karena kami di Puskesmas Gomo membawahi 7 kecamatan, Pinta Buulolo.

(R. Gowasa)

Pos terkait