Memperingati Hari Bakti Ke-72 TNI Angkatan Udara, TNI AU Wilayah Medan Gelar Bakti Sosial

Medan, NAK – Personel TNI Angkatan Udara di wilayah Medan melaksanakan Bakti Sosial bertempat di aula Silindung Lanud Soewondo, Senin (22/7/2019). Kegiatan Bakti Sosial ini seperti donor darah dan pembagian paket sembako kepada masyarakat yang bertempat tingal di sekitar Lanud Soewondo. Kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 tahun 2019.

Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey dalam kata sambutanya menjelaskan sepintas tentang sejarah Hari Bakti Angkatan Udara, yang mana 72 tahun yang lalu tepatnya tanggal 29/7/1947 merupakan hari bersejarah bagi Angkatan Udara. Sebab pada waktu itu tiga orang penerbang dan tiga orang juru tembak berhasil melancarkan serangan terhadap tangsi militer Belanda di Semarang, Sala Tiga dan Ambarawa karena sebelumnya penjajah belanda telah menyerang wikayah RI termasuk pangkalan udara di Jawa dan Sumatera pada tanggal 21/7/1947. Dengan menggunakan pesawat peninggalan Jepang yang berhasil diperbaiki, operasi ini adalah operasi pertama sejak AURI Berdiri pada tahun 1946.

Bacaan Lainnya

Namun pada sorenya Indonesia berduka karena pesawat Dakota VT-CLA Yang membawa obat-obatan sumbangan Palang Merah Malaya untuk Palang Merah Indonesia ditembak jatuh oleh dua pesawat pemburu P-40 Kitty Hawk Belanda. Peristiwa ini menyebabkan gugurnya 3 Perintis angkatan udara yaitu Komodor muda Agustinus Adi Sucipto, Komodor muda Prof DR Abdulracman Saleh dan opsir muda udara Adi Sumarmo Witjokusumo.

“Untuk mengenang dan mengabadikan peristiwa tersebut, sejak tanggal 29 Juli 1955 diperingati sebagai hari Berkabung Angkatan Udara Republik Indonesia ( AURI ), namun pada 29 Juli 1962 hari itu diubah menjadi hari bakti TNI AU,” ucap Kolonel Pnb Dirk Poltje Lengkey.

Lanjutnya lagi, “bagi kami keluarga besar TNI AU khusunya bagi yang berada diwilayah Medan ( Kosekhanudnas III, Wing III Paskhas, Lanud Soewondo ) melaksanakan bakti sosial ini adalah wujud bakti kami warga TNI AU kepada masyarakat,” ungkap Danlanud.

“Acara donor darah dan pembagian paket sembako kepada ratusan nasyarakat yang berlangsung di Aula Silindung ini adalah kerja sama antara TNI AU dengan PMI kota Medan dengan maksud membantu sesama yaitu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan darah, serta pembagian Sembako yang dilaksanakan ini berkat kerja sama TNI AU dengan Vihara Sinar Budha (BLIA) Sumatera Utara guna membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu, dan harapan saya dengan kegiatan ini dapat mempererat hubungan silatuhrahmi antara TNI AU di Medan dengan pemerintah daerah dan Masyarakat yang ada disekitarnya,” kata Danlanud.

Usai memberikan kata sambutanya Pangkosekhanudnas III, Danlanud Soewondo, Danwing III Paskhas dan Perwakilan dari Vihara Sinar Budha memberikan paket Sembako secara simbolis kepada warga masyarakat sekitar TNI AU dan diteruskan dengan foto bersama.

Kemudian setelah itu, dilanjutkan dengan pembagian paket sembako kepada ratusan masyarakat yang sudah menunggu duduk dengan tertib. Masyarakat mengaku senang dan terbantu dengan adanya pembagian paket sembako ini.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pangkosekhanudnas III dan para asisten, Danwing III Paskhas dan jajarannya, para kepala dinas Lanud Soewondo, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Soewondo, Kosekhanudnas III, Wing III dan Yonko 469 Paskhas, ibu-ibu IKKT Kosekhanudnas III, ibu-ibu PIA Gabungan Lanud Soewondo dengan Wing III Paskhas.

(PENTAK SWNDO /LEO SEMBIRING)

Pos terkait