MANTAN MILSUK I TNI AL ’83 LIPAT LAKSANAKAN REUNI AKBAR-II

Malang, NAK-( 7/7).
Sebanyak 300 purnawirawan TNI AL beserta keluarga yang tergabung dalam Paguyupan LIPAT ( LETTING ’54) dari seluruh Indonesia melaksanakan REUNI AKBAR LIPAT Ke-2 Th. 2019 di kota Batu Malang Jawa Timur berlangsung selama 2 hari (6-7) Juli.

Reuni mantan Tentara Militer Sukarela I TNI AL tahun 1982/1983 ( MILSUK PERTAMA ) tersebut bertempat di hotel Metropole Batu Malang dengan serangkaian kegiatan yang sudah tersusun mulai dari kegiatan pokok hingga hiburan menjadikan seluruh peserta yang rata- rata sudah usia lanjut ini hanyut dalam kenangan serta dapat tersenyum mengenang masa-masa aktif dinas di TNI AL.

Bacaan Lainnya

Selama 36 tahun sudah kami saling berpisah karena penempatan dinas dan tugas yang berbeda, namun ada juga beberapa personil yang tetap dalam satu kesatuan selama dinas. Di tempat Reuni inilah kami bertemu kembali untuk menjalin silaturahmi lebih dekat.

Ketua Panitia Reuni Akbar LIPAT ke-2 Letkol Laut (Pur) Sudrsono dalam kesempatan kali ini menuturkan bahwa “ Reuni Akbar LIPAT telah berlangsung dua kali, yang pertama di tahun 2017 berlangsung di kota Ambarawa Semarang. Yang kedua kalinya sengaja di pillih di kota Malang karena untuk mengenang langkah awal kita masuk TNI AL melalui Pantokhir ( panitia penentuan akhir) di kota ini, sekedar napak tilaslah” ungkapnya.

Peserta Reuni yang menyasar para purnawirawan TNI AL Letting ’54 di seluruh wilayah Nusantara terdiri dari Kops Marinir dan Korps Pelaut terlihat masih sangat kompak, jati diri mereka masih terlihat jelas , disiplin, gagah dan tegap tersirat dalam gerak dan langkah di setiap ivent. Meskipun sdh mau menginjak usia 60-an, karena pandai menjaga kesehatan, rata- rata mereka masih sehat dan segar bugar. Para purnawirawan TNI AL / Tamtama Milsuk Pertama rata-rata pangkat terakhir adalah Bintara Tinggi (Peltu), ada juga sebagian yang menyandang pangkat Pama dan Pamen.

Sementara itu Ketua Paguyupan LIPAT Letkol Laut (E) Isnamangun yang masih dinas aktif di Komando Pembinaan Doktrin , Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) sebagai Komandan Sekolah Tamtama Kejuruan Elektronika dalam sambutannya yang di bacakan oleh Peltu (Pur) Sudarto yang pernah dinas 29 tahun di Satuan Pasukan Katak (Satpaska) Koarmada-II menuturkan bahwa ”Paguyupan LIPAT yang tersebar di wilayah Nusantara memiliki kegiatan sosial , antara lain melaksanakan pertemuan rutin tiap 2 bulan sekali , besuk/ berkunjung ke anggota yang sedang sakit, pemberian santunan bagi keluarga yang sedang terkena musibah / berduka serta kegiatan keagamaan. Kesemua prorgam tersebut sudah di kondisikan melalui rapat yang selalu di laksanakn oleh para pengurusnya “ demikian akunya.

Serangkaian kegiatan dalam acara Reuni antara lain Resepsi Temu Kangen yang di laksanakan Sabtu,(6/7) di hotel Metropole mengenakan seragam bebas namun berbaret sesuai dengan korpsnya ( Marinir dan Pelaut) menambah keakrapan para purnawirawan Militer Suka Rela ( MILSUK) TNI AL Angkatan I tahun 1982/1983. Keesokan harinya Minggu,(7/7) mereka melaksanakan olah raga pagi , jalan sehat dan senam bersama serta temu akrap saling curhat dari hati kehati mengenang masa-masa dinas dahulu serta saling tukar cindera mata antar peserta reuni (khususnya para istri) yang setia mendampingi suaminya selama berlangsungnya reuni.

Dengan adanya Reuni Akbar LIPAT ke-2 ini seluruh peserta di harapkan semakin terjlin rasa kekeluargaan yang semakin kuat rasa persatuan meskipun tempat tinggal sangat berjauhan, namun dengan adanya kemajuan sistem informasi saat ini menjadikan kita terasa lebih dekat dan mudah dalam berkoordinasi.

Kesan dan pesan dari salah satu peserta reuni, Peltu Marinir (Pur) Khamim mantan anggota Pakukan Intai Amphibi (Taifib) Batalyon Taifib Karang Pilang Surabaya, dia mengabdi di satuan Pasukan Khusus TNI AL tersebut selama 32 tahun mulai dari pangkat Prada hingga Peltu di Batalyon Taifib mengaharapkan agar kegiatan reuni semacam ini dapat di agendakan dan akan terus berlanjut demi menjalin rasa persaudaran, kekeluargaan sesama mantan purnawirawan TNI AL yang tergabung dalam PAGUYUPAN LIPAT bahkan hingga anak cucu.

Turut hadir di Reuni Akbar Lipat ke -2 , Ketua Pembina Paguyupan Lipat Kolonel Laut ( E ) Yunus Anis yang masih aktif dinas di Koarmada II Surabaya serta beberap pamen lainnya.

(kadri)

Pos terkait