Jalan Lintas Kepulauan Nias Tidak Terawat, Kepala UPTJJ Gunungsitoli Nias tidak respon

Nias barat, NAK – Kinerja Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Jalan dan Jembatan (UPTJJ) Gunungsitoli, Equator Jaya Daeli, beberapa minggu terakhir menjadi sorotan sejumlah awak media. Selain itu juga telah menjadi bahan pembicaraan baik dikalangan masyarakat umum maupun kalangan Pemerhati Pembangunan serta sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).yang berada di wilayan kepuluan nias sumatera utara Pasalnya, beberapa ruas Jalan Provinsi di Wilayah Kepulauan Nias banyak yang tidak terawat dan tidak terpelihara, padahal pemeliharaan ruas jalan tersebut telah dianggarkan di dalam APBD Provinsi Sumut.

Berita sebelumnya, menurut informasi yang berhasil dihimpun dari salah seorang Staf UPTJJ Gunungsitoli yang tidak mau menyebutkan namanya, mengatakan bahwa untuk tahun 2018, puluhan miliar telah dianggarka dalam pemeliharaan ruas Jalan Provinsi di Wilayah Kepulauan Nias sumatera utara

Bacaan Lainnya

Pantauan media news antikorupsi,bratapos,dan mesia suara inden pendent, dibeberapa ruas Jalan Provinsi khususnya diwilayah Kabupaten gunung sitoli menuju kabupaten nias barat,nias menuju lolowa,u kabupaten nias selatan sumatera utara banyak jalan lintas provinsi yang telah berlobang dan mirip Kubangan Kerbau bila hujan turun dan mengenangi jalan sehingga masyarakat bisa melakukan memancing ikan di jalan tersebut.

Selain itu, menuai komentar pedas dari beberapa netizen melalui Sosial Media (Sosmed) Facebook dengan melontarkan kritikan yang berbunyi, jalan yang berlobang tersebut sengaja tidak diperbaiki untuk dijadikan “Kolam Ikan“, dimana pada saat hujan, jalan berlobang tersebut digenangi air hujan hingga berhari – hari lamanya.

Menyingkapi hal tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LSM lembaga pemberantas korupsi kepulauan nias(LPK) menilai bahwa Equator Jaya Daeli sebagai Kepala UPTJJ Gunungsitoli tidak mampu menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya sebagai Kepala UPTJJ Gunungsitoli sumatera utara tersebut

Ia juga diduga sengaja membiarkan ruas Jalan Provinsi di Kepulauan Nias rusak parah dan tidak ada pemeliharaan. Patut di duga anggaran pemeliharaan ruas jalan tersebut telah di Selewengkan oknum – oknum tertentu.

“Oleh karena itu, di minta Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) segera mencopot  Equator Jaya Daeli dari jabatannya sebagai Kepala UPTJJ Gunungsitoli dimana kinerjanya selama ini tidak dapat menjalankan program Pemprov Sumatera utara khususnya di Dinas Bina Marga Prov. Sumut,” ucap ketua LSM LPK kepulauan nias kepada media ini pasa hari Rabu (26/6/2019).

Hal senada juga disampaikan masyarakatnumum nias barat kepada media mengatakan kondisi Jalan Provinsi di Wilayah Kepulauan Nias kini sangat memprihatinkan. Bila hal ini terus dibiarkan, maka satu tahun kedepan, jalan Provinsi di Kepulauan Nias ini tidak dapat ,elintas kendaraan roda 2 maupun 4
Perlu pemerintah provinsi patut di pertanyakan Kepala UPTJJ Gunungsitoli sumatera utara sebutnya, berharap kepada Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Sumut agar segera evaluasi kinerja Kepala UPTJJ Gunungsitoli itu.

Kita juga meminta Gubernur Sumatera utara untuk segera mengambil tindakan tegas untuk segera mencopot Equator Jaya Daeli dari jabatannya, agar jalan Provinsi di wilayah Kepulauan Nias dapat terawat dan terpelihara kembali, ungkap khususnya gunung sitoli ke kabupaten nias barat kemudian nias ke lolowa,u kabuoaten nias selatan (Sabar)

Pos terkait