Dinas Perakim Bangun 5 Kantor Camat Tahun 2019 ini

  • Whatsapp

Nias Selatan, NAK-Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perakim) Kabupaten Nias Selatan (Nisel) propinsi Sumatera Utara (Sumut ) bangun 5 unit kantor di wilayah Nisel 2019, hal ini disampaikan oleh Kadis Perakim kepada sejumlah awak media diruang kerjanya, jalan Balaho Indah, kamis (27/6/2019).

Kadis Perakim, Ir. Yudika Duha menyampaikan bahwa ke -5 Kantor Camat yang akan dibangun tersebut yaitu, Kantor Camat Somambawa, Sidua’ori, Idanotae, Ulususua, dan Kantor Camat Huruna, masing – masing pagu dananya sebesar 1,2 Miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2019, Jelas Duha!

Bacaan Lainnya

Selain pembangunan gedung kantor camat tersebut, juga kita di perakim tahun ini merehab Gedung Serbaguna Kantor Camat maniamolo dan rehab aula kantor camat pulau – pulau batu, masing – masing pagu dananya sebesar 200 juta rupiah yang bersumber dari DAU 2019, Pungkas Duha!

“Tahun ini juga, Perakim membangun 3 Pos Pengamanan ditiga lokasi, yakni Pos Pengamanan di Somambawa, Simpang Auge Mazino, dan di Simuk yang di danai DAU 2019 dengan pagu dana 300 juta rupiah ditiap pos”.

Pembangunan Sejumlah Drainase di beberapa titik, seperti pembangunan Drainase di Desa Hilimbaruzo Kecamatan Mazo, Drainase dipasar Korea kelurahan pasar teluk dalam, Drainase dipermukinan di Hiliamuri Kecamatan Onolalu, Drainase Kantor Camat Mazino, dengan pagu dana masing -.masing 200 juta rupiah dan bersumber dari dana DAU 2019, sementara pembangunan Drainase Halamba’a di Desa Bawomaetaluo Kecamatan Fanayama juga bersumber dari DAU 2019 dengan pagu dana 100 juta rupiah, tambah Duha!

Lebih lanjut, tahun 2019 ini juga Dinas Perakim membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di kawasan permukiman daerah Gereja Katolik Santo Matias Amandraya dengan pagu dana sebesar 200 juta rupiah yang didanai DAU 2019, dan rehab Sarana air bersih di Desa Hilizalo’otano dengan pagu dana 200 juta rupiah yang bersumber dari DAU 2019, pungkas Duha!

Pembangunan Gudang BPKPAD Nisel dengan pagu dana sebesar 1,2 Miliar yang bersumber dari DAU 2019 serta pembangunan Kantor Dinas Perpustakaan Nisel yang bersumber dari DAU 2019 dengan pagu dana 2,4 Miliar dan dibuat 2 lantai, dan ini sedang tahap pengerjaan, Ucapnya!

Untuk 2019 ini, program rumah swadaya telah disetujui oleh Satker sebanyak 160 unit masing – masing di Kecamatan Somambawa yaitu di Desa Somambawa, Oladano dan, Golambanua II, dan dikecamatan teluk dalam dengan pagu dana masing – masing 17.500.000 (tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah) yang langsung ditangani oleh pihak propinsi, jelas Duha!

(Rg)

Pos terkait