Terbaik, Perolehan Zakat Kerinci Kanan Tembus 372 Juta, Target Baznas Kabupaten Siak 2,1 Miliar Tercapai

SIAK. NAK -Bupati Alfedri memberikan apresiasi secara khusus kepada pihak pemerintah kecamatan dan unit-unit UPZ yang ada di Kecamatan Kerinci Kanan, atas pencapaian nilai pengumpulan dana zakat yang cukup tinggi pada tahun ini.

Berkat kegigihan pihak terkait dalam mengajak para muzakki untuk berzakat, pada pelaksanaan Gemar Berzakat pada tahun 2019 ini Kecamatan Kerinci Kanan mampu mengumpulkan dana zakat mencapai 372.3 Juta Rupiah.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat ke 6 Tahun 2019 di Masjid Babussalam Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan, Minggu (26/05/19).

“Pencapaian ini merupakan jumlah pengumpulan terbanyak sejauh ini dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak, selain dari Kecamatan Siak dan Mempura.
Semoga menjadi contoh bagi UPZ dikecamatan lainnya” sebut Alfedri.

Kedepan Bupati Siak Alfedri berencana akan mengarahkan pola distribusi zakat produktif Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Siak kearah program pemanfaatan disektor agrobisnis.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan kaum duafa, program Baznas akan memfasilitasi agar saudara kita kaum dhuafa lewat program zakat produktif dapat melakukan usaha budidaya ubi casesa (ubi racun) yang prospek pasarnya saat ini cukup menjanjikan” kata Alfedri.

Apalagi saat ini kata dia pihak BAZNAS telah menandatangani MoU bersama pihak perusahaan Tepung Tapioka PT Asrindo Subur Makmur yang berlokasi di Kecamatan Kandis.

“Mari kita fasilitasi pemanfaatan lahan tidur untuk dijadikan lahan produktif khusus untuk para mustahik, lewat budidaya ubi casesa tersebut” sebutnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa melalui Ketua 1 Samparis bin Tatan mengatakan, kegiatan Gemar VI yang saat ini dilaksanakan di Kecamatan Kerinci Kanan pengumpulan dana zakatnya mengalami kenaikan hingga 78 persen dari jumlah pengumpulan zakat pada tahun sebelumnya di tahun 2018.

“Kita patut memberi apresiasi kepada pihak kecamatan dan UPZ se Kecamatan Kerinci Kanan” kata dia.

Untuk sementara kata dia, perolehan dana zakat pada pelaksanaan Gemar Siak Berzakat ke 6 tahun 2019, telah mencapai target 2,1 Miliar yang ditetapkan.

Padahal pelaksanaan kegiatan Gemar Berzakat kata dia, masih menyisakan dua kecamatan lagi yaitu Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Koto Gasib dalam beberapa hari kedepan.

“Kita berharap di dua kecamatan ini nanti pengumpulannya juga meningkat dari tahun kemarin” ujar Samparis.

(Zega)

Pos terkait