Soal Penularan Cacar Monyet, Ini Kata dr. Sigit Riyanto, M. Kes

Batam, NAK-Direktur Rumah Sakit BP (RSBP) Batam dr. Sigit Riyanto, M. Kes meminta kepada masyarakat Kota Batam untuk tidak perlu panik terhadap isu penularan cacar monyet atau dikenal dengan sebutan monkeypox virus.

“kepada masyarakat diminta tidak perlu panik karena virus tersebut relatif dapat segera diatasi bila segera ditangani,” kata Sigit saat ditanyakan perihal isu penyakit menular cacar monyet di Kota Batam pada Senin (13/5/2019) siang.

Bacaan Lainnya

Ia meyakini pihaknya saat ini selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil tindakan pencegahan penularan setelah sebelumnya dikabarkan ditemukannya satu kasus impor infeksi virus cacar monyet di Singapura.

“saat ini belum ada pasien tersebut, BP Batam bersama kantor kesehatan pelabuhan, dinas kesehatan dan seluruh rumah sakit di Batam sudah berkoordinasi dengan baik untuk antisipasi penyebaran,” ujarnya.

Meskipun risiko penyebarannya rendah, pihaknya dalam hal ini RSBP Batam siap menerima apabila terdapat pasien terindikasi penyakit menular tersebut.

“kami sudah meyiapkan ruangan isolasi lengkap dengan peralatannya apabila ada pasien tersebut, bila ada orang lokal atau asing yang mengeluh panas tinggi, lemas dan muncul ruam pada kulit segera kirim ke RSBP Batam atau RSUD Embung Fatimah,” jelasnya.

Ia pun berharap dengan adanya isu tersebut tidak mengganggu aktivitas perekonomian dan investasi di Kota Batam yang semakin baik.

Batam, 13 Mei 2019
Email : [email protected]
Youtube : BP Batam
Twitter : @bp_batam
Facebook : BIFZA
Instagram : @bpbatam
Website : www.bpbatam.go.i

(Red)

Pos terkait