Al Qur’an Benteng Generasi Muda Dari Pengaruh Buruk Globalisasi

  • Whatsapp

SIAK. NAK -Memperkenalkan Al-Quran sejak dini, merupakan salah satu ikhtiar untuk membentengi anak dari dampak negatif era globalisasi yang serba teknologi.

Ajakan tersebut diserukan itu Asisten Administrasi Umum Kabupaten Siak H. Jamaluddin di Mesjid Nurul Islam KPR I Perawang Kecamatan Tualang, Kamis malam (7/3/2019), bersempena Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XV Tingkat Kelurahan Perawang Tahun 2019.

Bacaan Lainnya

“Peran bapak ibu sebagai orang tua dan keluarga sangat penting, jangan sampai lalai mengawasi anak, baik di dalam keluarga dan lingkungan sekitar, maupun dalam pergaulannya” kata Jamal

Pelaksanaan MTQ Kelurahan Perawang ini kata dia, diharapkan menjadi daya tarik bagi semua kalangan baik anak, remaja maupun orang tua untuk mengenali dan mengkaji kandungan isi Al Quran.

“MTQ bertujuan menghidupkan syiar dan kecintaan kepada Qur’an, agar nilai-nilai yang terkandung di dalam alquran tersampaikan di tengah masyarakat” ucapnya.

Untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al Quran tersebut, Pemerintah juga telah melaksanakan beberapa program, diantaranya program magrib mengaji dan program 1000 hafidz.

“Beberapa waktu yang lalu, di Kecamatan Siak sudah dikukuhkan komunitas Pejuang Subuh, yang bergerak mengajak semua kalangan untuk shalat subuh berjamaah di mesjid. Saya berharap kedepannya Kecamatan Tualang juga dibentuk komunitas pejuang subuh ini” harapnya.

Saiful Bakhri, ketua panitia musabaqah menjelaskan bahwa pelaksanaan MTQ ke-XV tingkat kelurahan Perawang dilaksanakan dari tanggal 7-10 maret 2019. Sebanyak 233 peserta yang berasal dari 31 mesjid dan mushola se kelurahan Perawang ambil bagian dalam tiga cabang yang diperlombakan.

Ketiga cabang perlombaan MTQ ke-XV se Kelurahan Perawang Tahun 2019 tersebut diantaranya, cabang Tilawah dengan kategori tartil putra dan putri, anak-anak putra dan putri, remaja putra dan putri serta dewasa putra dan putri.

“Selain itu juga diperlombakan cabang Hafizh Qur’an dengan kategori 1 jus dan tilawah putra dan putri, serta 5 jus dan tilawah putra dan putri, serta cabang Syarhil Qur’an” sebut Jamal.

Turut hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut Sekretaris Kecamatan Tualang Yudha Rajasa.dan Lurah Perawang Nanang Suhendra, serta sejumlah tokoh dan masyarakat sekitar.

(Zega)

Pos terkait