PLN Batam Terus Tingkatkan Budaya keselamatan K3

Batam, NAK – Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu aspek penting dalam lingkungan perusahaan terutama dibidang ketenagalistrikan. K3 juga selalu dijadikan sebagai hal utama yang harus selalu diperhatikan seluruh karyawan. Sebagai bentuk peringatan terhadap Bulan K3 Nasional bright PLN Batam melaksanakan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tahun 2019 pada Kamis, 31 Januari 2019. Tema yang diangkat pada Apel kali ini adalah “Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional.
Apel Peringatan Bulan K3 Nasional diikuti oleh segenap manajemen dan pegawai bright PLN Batam, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau (Disnakertrans), mitra kerja dan stakeholder lainnya. Apel ini juga dilaksanakan sebagai bentuk komitmen manajemen terhadap upaya promosi K3L untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian karyawan terhadap keselamatan, kesehatan dan lingkungan kerja.

Bertindak sebagai Pembina Upacara, Tagor Napitupulu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau mengatakan Peringatan Bulan K3 harus menjadi momen betapa pentingnya K3 serta pengawasannya. “Kegiatan ini untuk mengingatkan kesadaran betapa pentingnya keselamatan dan kesehatan para pekerja yang jadi perhatian utama,” kata Tagor.
Kecelakaan kerja tidak hanya dapat menyebabkan kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, namun dampak yang sangat fatal tentu saja dapat menyebabkan kematian. Kecelakaan kerja juga dapat mempengaruhi produktifitas dan kesejahteraan masyarakat, sehingga berdampak terhadap indeks pembangunan manusia dan daya saing nasional, ujar Tagor.
Menutup sambutannya Tagor mengucapkan terimakasih kepada bright PLN Batam karena berkomitmen untuk menerapkan K3 dalam setiap pembangunan infrastruktur. “Semoga kedepannya bright PLN Batam tetap rutin melaksanakan gelar peralatan dan memeriksa peralatan dari tahun ke tahun dalam membangun infrastruktur untuk menjujung stabilitas ekonomi, tutup Tagor.
Sebelum Apel Peringatan Bulan K3 Nasional dibubarkan, bright PLN Batam memberikan penghargaan kepada pimpinan dan personil atau pegawai bright PLN Batam sebagai pelopor K3 selama tahun 2018. Penerima penghargaan ini adalah yang bekerja selalu menerapkan norma K3, seperti taat SOP, memakai alat pelindung diri (APD), selalu mengajak dan mengingatkan orang lain untuk mematuhi aturan K3.
Setelah Apel Peringatan Bulan K3 Nasional dibubarkan kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen K3 bersama 51 mitra kerja yang disaksikan oleh Direksi PT PLN Batam, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan pejabat tamu lainnya. Setelah foto bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Jajaran Direksi PT PLN Batam melakukan inspeksi gelar peralatan kerja dan APD kepada mitra kerja untuk memastikan tingkat kecukupan dan kesesuaian peralatan dengan standar yang memenuhi kriteria daftar penyedia terseleksi (DPT).

Bacaan Lainnya

Melalui berbagai kegiatan ini diharapkan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan budaya K3 pada bright PLN batam, sehingga lingkungan kerja akan menjadi sebuah tempat kerja yang sehat, aman, nyaman, ramah lingkungan dan berkesinambungan. Semoga kedepannya misi bright PLN Batam untuk Zero Accident dapat tercapai kata Alibeta Sembiring,Head of Health and Safety Environment sekaligus Ketua Panitia Bulan K3 PLN Batam.
Peringatan Bulan K3 yang terhitung mulai tanggal 12 Januari sampai 12 Februari 2019 pada setiap tahunnya mengingatkan kembali akan pentingnya budaya K3 sebagaimana ditetapkan UU No 1 Tahun 1970. Sejak tahun 2017, bright PLN Batam perusahaan pemegang Utama kelistrikan di Batam rutin mengadakan kegiatan upacara dan apel peringatan K3 Nasional sebagai bentuk partisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia.

(Team)

Pos terkait