Desa Bukit Harapan Kabupaten Lingga Gelar Musyawarah Desa

Lingga (Kepri), -Desa Bukit Harapan Kecamatan Lingga Utara, Kabupaten Lingga. Kepri menggelar musyawarah Desa di Aula Kantor Desa. Kegiatan ini, bertujuan untuk menyusun perencanaan pembangunan tahun 2019.
Selain Unsur BPD, dan pemerintah Desa hadir para ketua lembaga Desa serta unsur masyarakat yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan keterwakilan unsur perempuan.

,,Kepala Desa Bukit Harapan M.Akip menuturkan, kegiatan Musdes untuk penyusunan RKP Desa Tahun 2019 sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pedoman Tata Tertib dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Musyawarah Desa.
Ia mengajak semua peserta untuk mengikuti Musdes dengan sebaik-baiknya dengan tujuan pembangunan Desa Bukit Harapan tepat sasaran dan manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Usulan jangan didasarkan atas keinginan tapi harus berdasarkan kebutuhan.

Bacaan Lainnya

“Usulan dari peserta Musdes merupakan dasar untuk dijadikan acuan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Bukit Harapan Tahun 2019. Hal ini sangat penting karena kebutuhan masing-masing dusun tidak sama, nantinya usulan peserta Musdes akan di verifikasi oleh tim verifikasi yang memikiki kompeten dan keahlian sesuai jenis kegiatannya,” jelasnya.

Masih kata Akip, tujuan bermusyawarah merencanakan pembangunan tahun 2019 yang didasarkan pada masukan-masukan warga. Setelah sebelumnya berkordinasi dengan BPD.
“Agenda Musdes kan mencermati ulang RPJMDes, menyepakati hasil pencermatan ulang RPJMDes, serta membentuk tim Verifikasi,” ucap Akip melalui via telpon selulernya Jum’at (28/12/2018).

Menurutnya keberhasilan suatu program diawali dengan perencanaan yang baik. Pembangunan fisik atau non fisik dimulai dengan perencanaan yang matang sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dan pembangunan itu berawal dari saat ini.

Tambatan Perahu, dan banyak lagi usulan-usulan dari masyarakat kita kampung. Dana Desa ini umumnya kita prioritaskan untuk Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat seperti dibidang Agama, Pemuda, PKK, Posyandu juga Paud.
Kegiatanpun berlanjut dengan sesi penyampaian aspirasi dari seluruh lapisan warga Desa Bukit Harapan yang kemudian disambut dengan tanya jawab. Peserta sangat tertib dan antusias mengikuti acara itu.(mhmd)

Pos terkait